Manajemen I/O

Salah satu fungsi utama sistem operasi adalah mengatur operasi Input/Output (I/O) beserta perangkatnya. Sistem operasi harus dapat memberikan perintah ke perangkat-perangkat tersebut, menangkap interupsi, dan menangani error/kesalahan yang terjadi. Selain itu, sistem operasi juga menyediakan fasilitas antarmuka(interface) antara perangkat-perangkat tersebut dengan keseluruhan sistem yang ada.

-PerangkatI/O (1)
Secara umum, perangkatI/O dibagi menjadi : Perangkatblok.
Perangkat blok adalah perangkat yang menyimpan informasi dalam bentuk blok-blok berukur anter tentu dan setiap blok memiliki alamat masing-masing.
Umumnya ukuran blok adalah512 byte sampai32.768 byte.
Hal penting dari perangkat blok adalah memungkinkan membaca atau menulis setiap blok secara independen.
Contoh perangkat blok yaitu disk.
Bila kita ingin membuka suatu berkas lagu dalam sebuah direktori di disk, berkas bila langsung kita akses.
-PerangkatI/O (2) Perangkat karakter.
Perangkat karakter adalah perangkat yang mengirim atau menerima sebarisan karakter, tanpa menghiraukan struktur blok.
Printer, network interface, dan perangkat yang bukan disk termasuk didalamnya.
Pada kenyataannya, terdapat perangkat yang tidak memenuhi salah satu kriteria, yaitu clock.
Clock merupakan perangkat yang tidak memiliki blok beralamat, tidak mengirim dan menerima barisan karakter, melainkan perangkat yang hanya menimbulkan interupsi dalam jangka waktu tertentu.
-PerangkatI/O(3)
Sebuah perangkat berkomunikasi dengan sistem dikomputer dengan cara pengiriman sinyal melalui kabel atau udara. Perangkat tersebut berhubungan dengan komputer melalui suatu titik yang dinamakan PORT. Jika satu atau lebih perangkat menggunakan serangkaian kabel atau penghubung yang sama, penghubung itu disebut BUS.
-PerangkatI/O (4)
Ada juga bentuk komunikasi dimana sebuah perangkat (sebut saja perangkat A) mempunyai kabel yang terhubung ke perangkat B, lalu kabel di B terhubung ke perangkat C, dan perangkat C terhubung ke sebuah port dikomputer.Pengaturan ini disebut daisy chain. Daisy chain juga berfungsi sebagai sebuah bus.
- KomponenI/O (1)
Unit I/O terdiri dari dua komponen, yaitu : Komponen mekanis
Komponen mekanis yakni perangkat M/K itu sendiri, seperti mouse, layar (screen), keyboard, dan lain-lain.Komponen elektronis
Komponen elektronis disebut pengendali perangkat I/O (device controller).
- KomponenI/O (2)Device controller
hampir selalu berhubungan dengan sistem operasi dalam hal yang berkenaan dengan I/O. Dengan kata lain, dalam menangani operasiI/O, sistem operasi tidak berhubungan langsung dengan perangkat melainkan dengan  pengendalinya. Beberapa pengendali perangkat dapat menangani dua, atau lebih perangkatI/O yang sejenis. Pada komputer desktop, komponen ini biasannya berupa kartu sirkuit yang dapat dimasukkan ke dalam slot pada motherboard.
-Komponen I/O (3)
Terdapat berbagai macam antar muka antara perangkat dengan pengendalinya, antaralain ANSI, IEEE, atau ISO. Selain itu, adapula IDE (Integrated Drive Electronics), dan SCSI (Small Computer System Interface). Kedua antarmuka terakhir merupakan antarmuka yang menjadi standar pabrik-pabrik pembuat perangkat M/K ataupun pembuat pengendalinya.
- Penanganan I/O (1)
Dalam berkomunikasi dengan device controller, terdapat dua cara sistem operasi memberikan perintah dan data, yaitu: Instruksi I/O
Merupakan instruksi CPU yang khusus menangani transfer byte atau word ke sebuah port I/O. Cara kerjanya, instruksi tersebut memicu line bus untuk memilih perangkat yang dituju kemudian mentransfer bit-bit dari atau ke register perangkat.
- Penanganan I/O (2) I/O Memory-mapped
Register-register pengendali perangkat dipetakan keruang alamat prosesor.
Operasi membaca atau pun menulis di alamat tersebut di interpretasikan sebagai perintah untuk perangkat I/O.
- Penanganan I/O (3) Sebagai contoh, sebuah operasi write di gunakan untuk mengirim data keperangkat I/O dimana data tersebut diartikan sebagai sebuah perintah. Saat CPU menempatkan alamat dan data tersebut di memori bus, memori sistem mengacuhkan operasi tersebut karena alamat nya mengindikasikan jatah ruang memori untuk I/O. Namun, pengendali perangkat melihat operasi tersebut, mengambil data, kemudian men transmisi ke perangkat sebagai sebuah perintah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar